13 Desember 2008

The Making, pre ,pro and post


Pembuatan Luk Songo memakan waktu total 7 bulanan, dengan rincian 4 bulan pra produksi, 3 bulan produksi, dan pasca produksi kurang lebih 1-2 mingguan.

Animasi ini merupakan karya bersama 2 orang, yakni saya dan Kurniawan (wawan re5ist).
Pembagian kerjanya seperti yg tertulis pada credit title. Sangat menyenangkan sekali dalam pembuatannya, terlebih ketika pra produksi, kita hunting hingga ke Gunung Kelud dan Pulau Sempu.


saat di Segoro anakan - Pulau Sempu beserta temen2 yg laen, sekalian liburan :D


saat di jalan menuju Gunung Kelud Bersama Awank :D Thx krn dah dipinjemin Nikon D80 nya

Saat produksi pun tak kalah menyenangkan, hingga kita rela tidur 4 jam sehari selama 3 bulanan :D

Kita menggunakan
3 pc core2quad 1 pc core2duo dan 1 pc pentium IV. Thx untuk Wawan karena sudah minjemin komputer rental nya :D.

Cerita Luk Songo berawal dari keprihatinan karya animasi 3D Indonesia yg minim dengan local content. Keris - meskipun sudah di klaim jadi milik Malaysia- adalah senjata tradisional suku Jawa yang memiliki ribuan misteri. Begitupula dengan ilmu kanuragan suku Jawa yang merupakan warisan luhur nenek moyang yang hampir punah.

Meskipun cerita yg kami angkat adalah fiksi akan tetapi kami benar2 melakukan riset.
Terima kasih kepada Ketua Museum Trowulan atas kesediannya membantu kami dalam riset.

Gunung Kelud dipilih karena menurut babad tanah jawi kelud adalah pecahan gunung ketika para pandita melakukan ritual untuk pulau jawa saat exodus pertama kali.

Candi Bajangratu -dengan dimodifikasi- digunakan sebagai gerbang pertapaan, karena dalam fungsi aslinya, candi tersebut adalah salah satu gerbang di Majapahit.

Mantra kidung rumekso ing wengi - dalam adegan transfer ilmu antara Rachmad dan Joko - adalah syair yg dibuat oleh Sunan Kalijogo.

Jurus pamungkas Joko adalah manifestasi dari sedulur papat limo pancer, 4 bersaudara dalam 1 tubuh fisik.

Secara keseluruhan, tidak ada yg sempurna dari setiap karya, terlebih kami hanyalah seorang pemula yang masih belajar. Luk Songo jika dibandingkan dengan 3D animasi kelas bioskop tentunya kalah jauh. kami hanya 2 orang dalam waktu 7 bulanan sedang mereka sekampung dengan waktu bisa jadi tahunan....

Luk Songo hanya bisa dibandingkan dengan karya animasi yg dibuat oleh 2 orang remaja umur 24 an dan dalam waktu pembuatan 7 bulanan.

Jadi mohon maaf sekali lagi kalo banyak kekurangan dalam Luk Songo, baik secara teknis maupun non teknis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar